Marhaban Ya Ramadhan

Pengajian rutin bulanan dosen dan tenaga kependidikan ITB Ahmad Dahlan Lamongan di helat di Kampus I Mushola Lantai 3 ITB Ahmad Dahlan Lamongan ba’ada dhuhur, 29 Maret 2022. Dengan pemateri Bapak Ust. Ichwan Hasan, MM.

Bapak Ust. Ichwan Hasan, MM menyampaikan perlunya kita mempersiapkan diri dengan sepenuh hati menyambut datangnya bulan ramadhan. Sebab perintah puasa pada Surat Al-Baqarah ayat 183 bukanlah untuk semua manusia, tetapi ditujukan bagi orang-orang yang beriman bahkan orang-orang beriman sebelum umat Muhammad Sholallahu alaihiwassalam.

Ditambahkan pula oleh beliau, bahwa Bulan Puasa Ramadhan sepenuhnya adalah bulan ampunan, bulan rahmat dan bulan pembebasan dan pahala. Sebab didalamnya terdapat malam lailatul qadar, malam yang lebih dari 1000 bulan, dimana Al qur’an diturunkan oleh Allah. Menyikapi datangya bulan ramadhan perlu kiranya mengetahui perbedaan mana hadist shahih dan nasihat-nasihat atau kata mutiara yang berkaitan tentang Bulan Ramadhan. Sebab pada dasarnya, sebagaimana hadist shahih bahwasanya bulan ramadhan dari malam pertama hingga malam terakhir adalah himpunan dari ampunan, rahmat dan pembebasan dari dosa serta pahala lebih dari 1000 bulan, ujar Bapak Ust.Ichwan Hasan, M.M.

Ketua LAIK, Bapak Muhammad Dzkiri Abadi, S.Th.I dalam wawancara mengenai pengajian rutin bulanan ini beliau menanggapi bahwa dengan adanya pengajian rutin ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan keagamaan dosen dan tendik, khususnya berkaitan dengan ibadah puasa yang akan tiba beberapa hari. Hal tersebut juga menjadi bekal untuk para dosen dan tendik dalam menghadapi bulan puasa besok.

Leave a Reply